Sebelum mengetahui apa itu Manajemen Layanan
Sistem Informasi, maka kita harus mengetahui arti dari Sistem
Informasi Manajemen itu sendiri. Sistem Informasi
Manajemen atau lebih dikenal dengan SIM ( Management
Information System )adalah serangkaian sub sistem
informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang
mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara
guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas
dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Sistem
informasi manajemen merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Sistem
informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM
digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada
aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya
digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian
dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan,sistem pakar,
dan sistem informasi eksekutif.
Sistem
informasi manajemen bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua
manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. Sistem
informasi manajemenmenyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan
output dari berbagai simulasi model matematika. Oleh karena itu Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah “sistem
perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi
pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen
untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu
strategibisnis”.
Sedangkan secara perkata arti dari Manajemen
Layanan Sistem Informasidapat diartikan sebagai berikut :
· Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka
mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya
organisasi lainnya. Proses
manajemen terbagi menjadi 4 yaitu : Perencanaan, Perorganisasian, Pengarahan,
Pengendalian.
· Layanan adalah aktivitas atau hasil yang
dapat ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain yang biasanya tidak
kasat mata, dan hasilnya tidak dapat dimiliki oleh pihak lain tersebut.
Hadipranata (1980) berpendapat bahwa layanan adalah aktivitas tambahan di
luar tugas pokok (job description) yang diberikan kepada
konsumen-pelanggan, nasabah, dan sebagainya, serta dirasakan baik
sebagai penghargaan maupun penghormatan.
· Sistem Informasi adalah suatu sistem yang
menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan dan
menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi dan
prosedur-prosedur yang terorganisasi. Sistem informasi diartikan sebagai kombinasi dari teknologi
informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung
operasi dan manajemen. Sedangkan dalam arti luas, sistem informasi diartikan
sebagia sistem informasi yang sering digunakan menurut kepada interaksi antara
orang, proses, algoritmik, data dan teknologi.
FRAMEWORK
( KERANGKA KERJA)
Kerangka kerja (bahasa Inggris: framework)
adalah suatu struktur konseptual dasar yang digunakan untuk memecahkan atau
menangani suatu masalah kompleks.
Istilah ini sering digunakan antara lain dalam bidang perangkat lunak untuk
menggambarkan suatu desain sistem perangkat lunak yang dapat digunakan kembali,
serta dalam bidangmanajemen untuk
menggambarkan suatu konsep yang memungkinkan penanganan berbagai jenis atau
entitas bisnis secara homogen.
SIX SIGMA
Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total
Quality Management ( TQM ), sangat terfokus terhadap pengendalian
kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan.
Memiliki tujuan untuk, menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan
produk, dan mehilangkan biaya. Six sigmajuga disebut sistem
komprehensive - maksudnya adalah strategi, disiplin ilmu, dan alat - untuk mencapai
dan mendukung kesuksesan bisnis. Six Sigma disebut strategi
karena terfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan, disebut disiplin ilmu
karena mengikuti model formal,yaitu DMAIC ( Define, Measure, Analyze,
Improve, Control )dan alat karena digunakan bersamaan dengan yang
lainnya, seperti Diagram Pareto(Pareto Chart) dan Histogram. Kesuksesan
peningkatan kualitas dan kinerja bisnis, tergantung dari kemampuan untuk
mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
Dari berbagai penjelasan tentang six sigma, ada banyak definisi yang dipaparkan – namun jika kita tarik garis kesimpulan ada tiga hal yang mendasar dari definisi six sigma. Kita bahas satu persatu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar